• Sabtu, 12 Juni 2021

Empat Upaya Pemerintah Atasi Lonjakan COVID di Kudus dan Bangkalan

- Selasa, 8 Juni 2021 | 01:35 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers usai Ratas Penanganan Pandemi COVID-19, di Jakarta, Senin (07/06/2021). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers usai Ratas Penanganan Pandemi COVID-19, di Jakarta, Senin (07/06/2021). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

KABAR RAKYAT - Pemerintah telah meninjau langsung daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 pasca Lebaran, seperti Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah untuk pengendalian kasus virus corona.

 

Hal itu disampaikan pemerintah melalui Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bersama-sama Ketua Satgas Penanganan COVID-19 juga Kepala BNPB, Kapolri, dan Panglima TNI serta lainnya, usai rapat terbatas dipimpin Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Senin (07/06/2021).

Baca Juga: Penyebaran Corona di Bangkalan Melonjak Satgas COVID-19 Sekat Perbatasan Sampang dan Bangkalan

"Nomor satu, yang paling penting karena ini urusannya dengan nyawa, kita mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit dengan cara kita merujuk pasien-pasien yang (bergejala) berat dan sedang ke kota terdekat, untuk Kudus ke Semarang, untuk Bangkalan ke Surabaya,” ungkap Menkes Budi dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

 

Tercatat, di Kudus tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit meningkat dari sekitar 40 pasien hingga mencapai 350 pasien dalam 1,5 minggu terakhir. Begitu juga di Bangkalan, keterisian tempat tidur isolasi meningkat dari sekitar 10 pasien hingga mencapai 70-80 pasien.

Baca Juga: Bondowoso Targetkan Seluruh Guru Divaksin Sebelum Pelajaran Tatap Muka

“Kenaikan yang tinggi ini karena ada peningkatan kasus secara spesifik di klaster ini karena memang Kudus adalah daerah ziarah, sedangkan di Madura banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari negara tetangga,” terang Menkes.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X