Pahami Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing dengan Tepat

- Kamis, 7 Juli 2022 | 08:42 WIB
Ilustrasi daging sapi dan daging kambing/Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi daging sapi dan daging kambing/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban,selain melaksanakan Ibadah Sholat,umat Muslim yang berkemampuan merayakan dengan proses pemotongan hewan kurban yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Dan hewan ternak sapi dan kambing paling umum digunakan umat Muslim Indonesia mejadi hewan kurban. Tetapi ketika sudah disembelih dan dipotong kadangkala panitia kurban di Masjid,Mushola maupun tempat lainnya tidak memisahkan antara daging sapi dan kambing.

Mereka mencampur daging sapi dan daging kambing kedalam satu wadah yang kemudian disalurkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Berikan Bantuan Premi Asuransi Gratis Kepada 5.000 Nelayan

Akibatnya, masyarakat pun tidak mengetahui secara persis daging yang diterimanya, apakah daging sapi atau daging kambing.

Dilansir Kabar Rakyat dari sehatq.com berikut cara membedakan daging sapi dan kambing mulai dari tekstur, warna, aroma hingga rasanya.

  1. Tekstur

Cara membedakan daging sapi dan daging kambing bisa diperhatikan dari teksturnya. Daging kambing memiliki tekstur yang lebih kasar karena seratnya yang tebal, sedangkan serat daging sapi lebih kecil dan renggang. Selain itu, tekstur daging kambing jauh lebih empuk dibandingkan daging sapi yang terasa lebih kenyal.

  1. Warna

Perbedaan daging kambing dan sapi selanjutnya terletak pada warna daging. Walaupun sekilas terlihat mirip, daging sapi tampak lebih gelap daripada daging kambing karena kandungan zat besi dan mioglobinnya yang lebih tinggi.

  1. Lemak

Cara membedakan daging sapi dan kambing juga bisa dilihat dari lemaknya. Daging sapi mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan  daging kambing tidak memilikinya. Namun, daging kambing memiliki gumpalan lemak yang berkumpul di bagian tertentu.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Sehatq.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kopi Arabica Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Sabtu, 7 Januari 2023 | 11:30 WIB

Resep Menu Masakan Daun Kelor yang Segar

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:22 WIB
X