• Kamis, 7 Juli 2022

Ayam Pedas Khas Banyuwangi Cocok Disantap Saat Musim Hujan, Berikut Cara Membuatnya

- Jumat, 7 Januari 2022 | 19:53 WIB
Ayam Pedas khas Banyuwangi/banyuwangikab.go.id
Ayam Pedas khas Banyuwangi/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Selain banyak destinasi wisata alam yang cukup mempesona. Banyuwangi juga memiliki makanan khas yang lezat saat disantap dikala musim hujan.

Jika anda bersama keluarga berlibur akhir pekan ke kabupaten berjuluk Sun Rise Of Java, anda bisa mencicipi kuliner pedas yang dapat menghagatkan badan yakni Ayam Pedas yang banyak ditemui di daerah Banyuwangi selatan.

Dilansir Kabar Rakyat dari e-Book - banyuwangikab.go.id. Ayam Pedas Khas Banyuwangi ini berbahan utama daging ayam kampung, santan,kemiri, lengkuas, cabe rawit, daun jeruk,daun kemangi,bawang putih, garam dan gula.

Baca Juga: 2 Tips Cepat Berikut Ini Akan Mengubah Caramu Membaca Artikel di iPhoneBaca Juga: 2 Tips Cepat Berikut Ini Akan Mengubah Caramu Membaca Artikel di iPhone

Berikut cara membuatnya,

Potong-potong bumbu lalu goreng sampai matang, angkat, ulek sampai lembut, sisihkan.

Panaskan wajan, beri sedikit minyak sisa menggoreng bumbu, masukkan kembali bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai, lengkuas & daun jeruk, aduk sampai wangi.

Tuangi santan, tunggu sampai santan mendidih baru masukkan ayam, bumbui garam, gula merah & kaldu bubuk, biarkan mendidih kembali & bumbu meresap, tes rasa, taburi daun kemangi, angkat dan sajikan.

Dan sebelumnya, bersihkan ayam, lumuri merata dengan garam dan air perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit. Gosok perlahan hingga terasa kesat, cuci bersih. Bakar/panggang di atas api hingga berwarna lebih gelap tapi tidak terlalu gosong.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Menu Masakan Daun Kelor yang Segar

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:22 WIB
X