• Sabtu, 18 September 2021

Cerita Rakyat Madura, Asal Usul Buyut Kosambih Batu Ampar 'Begini Kisahnya'

- Rabu, 7 Juli 2021 | 04:57 WIB
(Foto. Istimewa/net)
(Foto. Istimewa/net)

KABAR RAKYAT, Pamekasan - Cerita Buju' Kosambih Batuampar menjadi sebuah kisah yang sangat familiar bagi Masyarakat Madura, maupun dari Luar Madura.

Buju' Batuampar diyakini salah satu Wali Allah, dan tempat Pesareannya berada di Batuampar, Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura.

Meski Buju' Batuampar sudah Wafat, sampai saat ini banyak masyarakat berdatangan untuk bertakziah ke Pesaraeannya hanya sekedar ngalab Barokah

Kisah Buyut Kosambih Batu Ampar

Dikutip dari Akun YouTube Lentera Hidup, asal usul Buju' Batuampar Pamekasan berawal dari sebuah kisah Seorang Ulama di Bangkalan, Madura yang bernama Sayyid Husein.

Konon pengikut dan santri Sayyid Husein sangat banyak karena kealiman dan karomah yang dimiliki Sayyid Husein, namun meski begitu Sayyid Husein tidak terlepas dari fitnah orang yang membencinya.

Suatu ketika seseorang yang iri dan benci kepada Sayyid Husein tersebut merekayasa berita bahwa Sayyid Husein dan pengikutnya telah merencanakan pemberontakan dan ingin mengulingkan kedudukan Raja Bangkalan.

Baca Juga: Demi Bertahan Hidup Pencuri Buah Pisang Dimassa ‘Untung Gak Ditahan’

Mendapatkan kabar tersebut, membuat Raja Bangkalan gelisah dan merasa khawatir, sehingga pada akhirnya Raja Bangkalan memerintahkan Panglima Perang untuk menyerang Sayyid Husein.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube Lentera Hidup

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemesanan Buku 100 ATI Tembus 12.000 Copy

Jumat, 13 Agustus 2021 | 09:57 WIB

Bupati Hendy Bantah Lakukan KKN

Selasa, 13 Juli 2021 | 20:34 WIB
X