• Sabtu, 15 Mei 2021

Ngopi Liberika Diatas 600 Mdpl, Sonny Tumbelaka Fotografer AFP: Nikmat Konek Dingin Songgon

- Sabtu, 24 April 2021 | 23:12 WIB
20210424_230732
20210424_230732

KABAR RAKYAT - Siapa yang tidak kenal Sonny Tumbelaka, pria asli Menado menetap di Bali punya profesi fotografer Agensi Kantor Berita Perancis atau AFP (Agen France Press) bertugas di Indonesia ini, memiliki hoby maniak minum kopi, dimanapun tempat bertugas atau saat berpelesir.

Pria Manado yang menguasai 5 bahasa Dunia ini, tidak menduga baru tiba di Banyuwangi bisa bertemu sahabat lamanya Choiri Kurnianto, wartawan Kabar Rakyat yang sudah belasan tahun tidak dijumpai.

Sonny Tumbelaka yang lebih akrab di panggil Bang Sonny sudah berkarir hampir 30 tahun di dunia media dan fotografi berburu kopi lokal Banyuwangi. Dan, kali pertama dia menjejakan kaki di Terminal Songgon Caffe diatas 600 Mdpl dibawah permukaan laut Selat Bali.

Kopi Liberika asli tanaman budi daya kopi rakyat Songgon, disuguhkan Owner Terminal Songgon Caffe. Seperti biasa, kopi panas jenia Liberika Songgon diciumnya dan diminumnya sedikit membasahi lidan dan bibirnya.

-


"Wah aromanya Kopi ini (Liberika) sangat keras. Rasanya sangat nikmat sekali, luar biasa ini," kata Sonny Tumbelaka.

Sembari cerita, pengalaman kopi Sumatera, Kalimantan dan Bali, Sonny merasakan kopi ini lain dari pada yang lain. Bahkan, beberapa lama, obrolan tips-tips mendongkrak kopi dan tempat tongkrongan pecinta kopi Songgon semakin bertambah hangat dengan Owner Caffe, Yusuf S.

Fotografer kaliber Internasional ini, sangat akrab dan tidak mengesankan eksklusif sebagai profesional.

"Saya menuju Banyuwangi untuk melakukan liputan khusus hillangnya kapal Selam KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali, Yang dinyatakan hilang kontak Sejak Rabo 21/4/2021 dini hari. Saya ditugaskan melakukan liputan khusus tragedi tersebut," ungkap Sonny.

Bung Sonny langsung diajak sahabat karibnya sejak 30 tahun semasa sama-sama bertugas menjadi pekerja pers di Banyuwangidi Choiri Kurnianto ( P.Coy ) untuk Singgah mengicipi Kopi Songgon di Terminal Songgon Cafe Jln.Raya Songgon - Sragi , Sumberbulu , Songgon Banyuwangi.

-


Rasa Capek perjalanan Bung Sonny dari Bali menuju Banyuwangi Terbayar sudah ketika dalam singgahanya mensruput Kopi Secangkir kopi Liberika yang disuguhkan Saat bercengkrama sebelum memulai liputannya esok hari.

Menurut Bung Sonny yang juga penikmat kopi yang sudah melang lang buana nenikmati kopi di berbagai daerah Nusantara bahkan manca negara , Kopi Liberika Songgon yang disajikan benar benar nikmat dan ada sensasi tersendiri saat mensruputnya

" Kopinya mantab , terasa terbayar rasa capek saat sampai di Banyuwangi menikmati kopi liberika Songgon,keren dan pas juga dengan suasana dingin didaerah ini " ungkapnya

Songgon dengan ketinggian 600 Mdpl menurut Bung Sonny dengan suhu 19 derajat celsius, seperti malam ini menikmati kopi Liberika begitu sensaional dengan kopi hasil produck umkm lokal dan diambil dari petani langsung

" Keren banget nih minum kopi umkm lokal dari hasil petani langsung , kopi nya kualitas bagus , terasa banget padahal saya sudah sering menikmati kopi di berbagai daerah pelosokz Nusantara , tapi ini nikmat banget , bisa bikin strong habis perjalan jauh seharian dari Bali," imbuhnya.

Menurutnya cara olahnya sudah bagus terbukti ketika diseduh Rasanya keluar dan luar biasa benar benar keluar sensasinya.

" Rasanya wow, konektif dengan hawa dinginnya, saya gak sangka sejam dari kota Banyuwangi diajak masuk jauh ke Songgon tapi benar benar terbayar nich.. adrenalin kopi benar benar aku dapat disini " Tuturnya

Saat bincang akhir Bung Sonny menyampaikan agar kualitas kopi yang disajikan harus tetap dijaga, mulai dari perlakuan ditingkat petani sampai pengolahanya hingga tempat menikmatinya agar benar benar menjadi rangkaian kenikmatan kopi sejati.

" Terminal Songgon Sederhana tapi nyaman meski jauh dari kota , ini akan didatangi penikmat kopi berkelas ketika mampu menjaga kualitas kopi baik dari tingkat petani, pengolahan hingga penyajian, jaga terus kualitas dan Layanan sajianya agar rasa kopi sejati bisa benar benar dinikmati dan ditemui penikmat kopi yang datang kesini," pungkasnya.***

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

LSAP Banyuwangi Garap Film Indie Kehidupan Rakyat

Minggu, 7 Maret 2021 | 05:41 WIB

UAS Silaturahmi Dengan Kiai Khos Jawa Timur

Rabu, 24 Februari 2021 | 08:23 WIB

Arumi Apresiasi Penerapan Prokes Posyandu di Kediri

Selasa, 23 Februari 2021 | 15:02 WIB

Kapolres Sampang Serahkan SHM ke Anggota

Senin, 22 Februari 2021 | 21:26 WIB

Libur Panjang Bisa Sumbang Covid-19

Senin, 2 November 2020 | 17:35 WIB

Macak Ganteng di Tengah Banjir

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 10:30 WIB

Hari Pangan Sedunia Dan Nasib Petani Tanah Air

Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:37 WIB

Tanggapi Aspirasi Buruh, Khofifah Surati Presiden

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 16:34 WIB

Tolak Omnibus Law, Buruh Ancam Mogok Kerja

Senin, 5 Oktober 2020 | 14:09 WIB
X