• Rabu, 27 Oktober 2021

Ketika Abramovich Berikhtiar dan Bermuhasabah

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 17:49 WIB
Foto: Sastra Dinata / koleksi pribadi
Foto: Sastra Dinata / koleksi pribadi

Oleh: Sastra Dinata*

KABAR RAKYAT, EMBONGAN - Jawara Champions League 2021 Chelsea FC selayaknya sama dengan klub-klub lain yang sedang memperbaiki diri jelang kompetisi musim 2021/2022 bergulir. Pasca dibukanya jendela transfer pemain musim panas ini, Chelsea pun tidak ketinggalan membenahi skuat nya untuk mengarungi kompetisi tahun depan. Walaupun senyatanya tidak seperti klub elit lainnya, Chelsea sakan cenderung tak terlalu bersemangat dalam jendea transfer kali ini. Bukan takabur hanya karena telah meraih trofi UCL yang kedua kalinya. Hanya saja Chelsea mungkin saja sedang berpikir letak yang mana yang menjadi persoalannya. 

 Tentu masih ingat bagaimana Chelsea sangat dominan dalam jendela transfer musim panas lalu, pemain sekaliber Ziyech, Thiago Silva, Havertz, Werner menjadi bukti bagaimana Lord Abramovich sedang “marah”. Hasilnya tidak mengecewakan trofi UCL mereka rengkuh sekalipun harus mengorbankan legenda mereka Frank Lampard yang didepak dari kursi pelatih sebelum akhirnya menunjuk Tuchel sebagai arsitek barunya. Pelatih berkebangsaan Jerman tersebut seakan membuktikan kepercayaan lord Abramovich kepada nya dengan rengkuhan trofi musim lalu dan mampu meyakinkan fans Chelsea dengan strategi paten 3-4-3. 

 Konsistensi di tiap lini menjadi kekuatan Chelsea musim lalu untuk menjelma menjadi jawara eropa ditengah sengitnya perburuan gelar. Dominasi lini tengah yang dikomandoi Kante-Jorginho menjadikan mereka duet favorit yang dirindukan penggemar sepakbola, disamping pertahanan grendel yang digawangi rudiger-silva-azpi. Belum lagi wonderkid semacam mount yang menjadi daya tarik baru di sepakbola Inggris. Kali ini mungkin saja Chelsea menunjukan kelas nya sebagai klub yang juga pandai dalam membangun sistem bermain. Dan sekali lagi ini bukan takabur. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bagi 335 Tokoh

Baca Juga: Pemuda Pasirian Lumajang, 'Berfikir Merdeka dan Kritis Dalam Mengisi Kemerdekaan HUT RI ke-76’

Baca Juga: Marak Postingan Twibbon Kemerdekaan RI, Begini Kata Mahasiswa UNEJ

Baca Juga: Viral, Pemuda Mabuk Serang Anggota TNI di Semenep saat Razia PPKM

 Namun Chelsea selayaknya mahasiswa baru didalam kampus, mereka harus diakui bukanlah klub dengan catatan historis yang kuat dalam hal prestasi seperti MU dan Liverpool di Inggris, Juventus dan Milan di Italia atau bahkan Madrid dan Barcelona di Spanyol. Mereka tak ubahnya hanya seperti sekelompok maba yang sedang ambi-ambisinya mengejar prestasi. Sekali lagi ini bukti kalau Chelsea sedang mengakui bahwa mereka bukanlah klub yang syarat prestasi di masa lampau. Tapi tidak menutup kemungkinan Chelsea juga akan mampu mencapai prestasi klub legendaris lainnya. Bukan tanpa alasan, pasca diakuisisi oleh lord Abramovich pada 2003, Chelsea menjelma menjadi klub hebat dalam satu dekade lebih ini. Gelontoran dana dikeluarkan hanya demi rengkuhan trofi, bukan ambisi mungkin saja lord Abramovich sedang menapaki ikhtiarnya. Buktinya Ikhtiar Abramovich membuahkan hasil lewat rengkuhan 5 gelar EPL, 3 gelar Piala Liga, 5 gelar Piala FA, 2 gelar Community Shield, 2 gelar Europa, 2 gelar Champions League dan terbaru berhasil merengkuh 1 gelar Super Eropa Cup. Kali ini setidaknya Chelsea perlu bertakabur sedikit, karena mampu menjadi klub tersukses di kota London menyaingi Meriam “Bambu” Arsenal dan Si Bangau Spurs.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alhamdulillah, Ada Orang Protes

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Berjalan Satu Langkah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:27 WIB

Prepare Maulid Nabi

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 22:29 WIB

Pancasila Falsafah Pemersatu Bangsa

Jumat, 1 Oktober 2021 | 17:58 WIB

Senyummu Lambang Surgamu

Rabu, 15 September 2021 | 14:00 WIB

Dari Gula Menuju Manis

Senin, 6 September 2021 | 19:09 WIB

Podium Hebat

Minggu, 5 September 2021 | 00:31 WIB

Deadline Day, Bagian Lain Dari Kepanikan Di Sepakbola

Jumat, 3 September 2021 | 06:29 WIB

Menerawang Calon Juara Si Kuping Besar

Senin, 30 Agustus 2021 | 23:10 WIB

Teruslah Menjadi Robot

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 22:27 WIB

Merayakan Kembalinya Sang Mantan

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 21:05 WIB
X