• Senin, 25 Oktober 2021

Taliban Tidak Menghalangi Warga Afghanistan yang Melarikan Diri

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:41 WIB
Ilustrasi bandara (ft: MichaelGaida / 5348 images/Pixabay)
Ilustrasi bandara (ft: MichaelGaida / 5348 images/Pixabay)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Pemandangan tak lazim tampak berada di sebuah bandara kelas internasional, tepatnya di Bandar Udara Internasional Hamid Karzai. Hal ini dikarenakan warga Afghanistan meninggalkan kendaraannya begitu saja disana.

Bagi warga Afghanistan yang ingin keluar atau meninggalkan negara tersebut dilarang membawa kendaraannya, sehingga banyak kendaraan ditinggalkan di seputaran bandara.

Disatu sisi, warga Afghanistan yang tidak bisa masuk ke dalam bandara, justru menghancurkan kendaraan mereka, maka di area landasan pacu bandara tersebut tampak seperti lahan rongsokan yang berserakan.

Baca Juga: Pelaku Illegal Loging Kayu Jati Perhutani Ditangkap 1 DPO, Ancaman Penjara 5 Tahun Denda Rp2,5 Miliar

Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Anadolu Agency pada Jumat, 20 Agustus 2021, setelah jatuhnya Kabul ke tangan Taliban, Presiden Ashraf Ghani dan pejabat tinggi lainnya segera meninggalkan Afghanistan.

Sementara itu, dalam kondisi yang tidak stabil ini membuat warga sipil yang membantu tentara atau kelompok asing itu kini berada di bawah ketakutan akan pembalasan Taliban.

Baca Juga: Berita Pemotor Tewas Tabrak Mini Bus di Camplong karena Ceroboh

Namun, Taliban juga telah meyakinkan AS bahwa mereka tidak akan menghalangi perjalanan yang aman bagi warga Afghanistan, dan Amerika yang berusaha melarikan diri ke Bandara Internasional Hamid Karzai.

Disampaikan melalui Jake Sullivan, yakni penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, dia mengatakan, bahwa Taliban memberi tahu Washington mereka siap untuk memberikan perjalanan yang aman bagi warga sipil ke bandara.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, Anadolu Agency

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X