• Kamis, 23 September 2021

'Bos Jamu' Tunjuk Lawyer, Eko and Partner: Penindakan BPOM RI Diduga Tidak Prosedural

- Senin, 2 Agustus 2021 | 18:34 WIB
Eko Sutrisno, SH Direktur Firma Hukum Eko & Parthner's
Eko Sutrisno, SH Direktur Firma Hukum Eko & Parthner's

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Para pihak terkait dengan aksi penindakan para petugas BPOM RI yang menyegel dan menyita produk jamu tradisional di tengah pandemi dan aturan PPKM Darurat dan PPKM Level 3 - 4 di wilayah Banyuwangi Jawa Timur langsung bersikap menunjuk kuasa hukum dari Firma Hukum, Eko & Parthner's.

Eko Sutrisno, SH Direktur Firma Hukum itu, ditemui di kantornya, Senin (2/8/2021), membenarkan telah ditunjuk para pihak yang merasa dirugikan atas penindakan tersebut.

"Benar kami sudah ditunjuk yang bersangkutan terkait penindakan lembaga negara (BPOM), yang disinyalir menyalahi prosedural," tegas Eko Sutrisno.

Kepada Kabar Rakyat, Eko menjelaskan, bahwa penyitaan terhadap usaha jamu tradisional Tawon Klanceng dan Akar Daun berskala kecil di Kecamatan Muncar dan Srono oleh BPOM mengundang gaduh di publik".

Pasalnya, jelas Eko, produk lokal Banyuwangi ini disidak petugas BPOM ketika sudah lama tidak berproduksi dan masih menunggu proses ijin edar yang tengah di urus.

Namun, penindakan BPOM terhadap produk jamu tradisional dilanjutkan penyitaan, menurut kuasa hukum ini, diduga belum memenuhi prosedur.

Kecurigaan itu disampaikan kuasa hukum para pihak dalam hal ini pemilik Jamu. Dalam pernyataannya EKo Sutrisno SH akan mengambil langkah-langkah hukum yang telah disiapkannya.

"Apa yang dilakukan BPOM sesuai kewenangan-nya. Yang jadi pertanyaan kami proses dan kelengkapan dokumen saat penyegelan gudang jamu di Muncar dan Srono, kami merasa ada kejanggalan," ungkapnya.

"Dan petugas BPOM yang datang dari Semarang, sementara tempat penindakan di Banyuwangi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PeduliLindungi Tak Dibutuhkan Jika 3T Indonesia Kuat

Kamis, 23 September 2021 | 06:57 WIB

Kepolisian di Banyuwangi Razia Tambang Pasir Illegal

Kamis, 16 September 2021 | 05:24 WIB
X