• Kamis, 27 Januari 2022

Tercatat Ada 1.668 Warga Terdampak Banjir Bandang di Jember

- Senin, 10 Januari 2022 | 15:37 WIB
Tercatat Ada 1.668 Warga Terdampak Banjir Bandang di Jember (Ist/Nre/KabaRakyat)
Tercatat Ada 1.668 Warga Terdampak Banjir Bandang di Jember (Ist/Nre/KabaRakyat)

KABAR RAKYAT – Sedikitnya 440 rumah dilaporkan terendam banjir di di Kelurahan Kaliwates, Sempursari, dan Mangli di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Banjir yang terjadi mulai pukul 2.30 WIB, pada hari, Minggu 9 Januari 2022, akibat hujan deras membuat luapan air setinggi 2 meter melanda perumahan Bumi Mangli Indah.

Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika dalam siaran pers menyebutkan adanya cuaca ekstream yang memicu ada hujan deras di sejumlah wilayah Jawa timur, diwaspadai.

Ternyata prediksi tersebut benar terjadi, banjir bandang di kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, kabupaten Jember dan sebagian wilayah Kota di Banyuwangi juga mengalami banjir akibat luapan air sungai.

Baca Juga: Realme Merilis Laptop dan Tablet Pertama untuk Penggguna Global

Banjir di Jember menurut data setidaknya 440 rumah tergenang dan berdampak pada 1.668 warga menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dua warga asal Desa Kemiri, Kecamatan Panti juga di laporkan meninggal dunia akibat terseret banjir.

“Proses asessment dan bantuan untuk warga telah dilakukan oleh tim BPBD,TNI/Polri serta relawan. Mereka membantu membersihkan perumahan Mangli Indah Permai yang terdampak banjir setinggi 2 meter. Untuk membantu warga dapur umum telah didirikan”, terang Penta Patria Kabid Kedarurtan dan Logistik BPBD Jember, Senin 10 Januari 2022. 

Tidak kurang 30 KK di RW 13 perumahan mangli sempat terisolir akibat derasnya banjir yang melanda kawasan tersebut. Akibat banjir fasilitas jalan  paving rusak berat.

Baca Juga: Banjir di Jember Renggut Dua Nyawa, Bencana Angin Melanda Sukowono

Halaman:

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X