• Selasa, 7 Desember 2021

Uang Bonus Nakes di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kelebihan Bayar, Kemenkes 'Segera di Kembalikan'

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 04:17 WIB
Nakes Covid-19 di Bondowoso. Dok (Ist/Ifa)
Nakes Covid-19 di Bondowoso. Dok (Ist/Ifa)

KABAR RAKYAT, JAKARTA - Uang Bonus Nakes atau insentif nakes di seluruh rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 harus segera mengembalikan uang kelebihan bayar, sesuai temuan BPK RI.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pihak rumah sakit untuk mengembalikan kelebihan pembayaran insentif tenaga kesehatan tahun 2021.

Permintaan pengembalian kelebihan bayar Bonus Nakes ini disebut untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan RI Tahun Anggaran 2021.

Rapat koordinasi tersebut digelar pada Jumat, 22 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB untuk membahas tindak lanjut mekanisme pengembalian kelebihan pembayaran insentif bagi tenaga kesehatan. Tercatat ada 447 RS dan puskesmas dari 31 provinsi yang diundang dalam rapat koordinasi tersebut.

Baca Juga: Korea Utara Tuding Amerika Serikat Meningkatkan Ketegangan Militer dengan China Melalui Dukungan ke Taiwan

Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI dr. Trisa Wahyuni Putri mengklarifikasi tentang sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) harus mengembalikan pembayaran insentifnya. Pasalnya, pengembalian tersebut disebabkan oleh dobel pembayaran.

Pengembalian insentif tidak berlaku bagi semua Nakes, tapi khusus bagi mereka yang menerima dobel transfer dari Kementerian Kesehatan. Seperti dilansir dari Twitter @Kemenkes RI oleh Kabar Rakyat, Sabtu 23 Oktober 2021.

Dalam hal ini, tidak semua nakes yang diminta mengembalikan pembayaran insentif. Hanya mereka yang menerima dobel transfer.

Sehingga, lanjut Trisa, para Nakes tidak perlu khawatir bahwa hak insentif tetap akan diproses dan dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang ada, yakni dalam KMK nomor HK.01.07/MENKES/4239/2021 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani COVID-19.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Twitter, kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X