• Selasa, 30 November 2021

FKPAK Gelar Aksi, Tolak Direksi PDP Kahyangan Jember, Begini Dasar Lengkapnya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:22 WIB
Buruh, FKPAK demo di DPRD Jember (Ist//Kava/KabarRakyat)
Buruh, FKPAK demo di DPRD Jember (Ist//Kava/KabarRakyat)

KABAR RAKYAT, JEMBER - Forum Komunikasi Pekerja Antar Kebun atau FKPAK adalah salah satu Serikat Pekerja (SP)/Serikat Buruh (SB) di PDP Kahyangan Jember.

Aksi ini dimulai setelah FKPAK mengetahui bahwa Bupati selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perusahaan Daerah Perkebunan atau PDP Kahyangan Jember akan melantik 3 orang Direksi PDP Kahyangan Jember.

Yaitu; - Sofyan Sauri, S.M. (Direktur Umum), - Leny Puspitasari,S.E. (Direktur Umum dan Keuangan), - Moh. Ismail Haqiqi, S.T.P. (Direktur Produksi Pemasaran dan Pengembangan).

FKPAK melalui kajiannya mempertanyakan kelayakan Direksi di atas, lantaran ketiganya dianggap tidak memenuhi persyaratan sebagai calon Direksi di perusahaan yang memiliki basik usaha di bidang perkebunan, sebagaimana Permendagri 37/2018.

Selanjutnya, (lihat press release FKPAK 21 Oktober 2021.) Antara lain, kronologi, Upaya audiensi dan hearing dari FKPAK telah kerapa dilakukan sejak Bulan April hingga Oktober, tapi tidak direspon Bupati Hendy.

Baca Juga: Jakarta Berlakukan Aturan Plat Nomor Ganjil Genap Untuk Sepeda Motor per-Oktober 2021

Per Oktober 2021, pada H-1 aksi pertama, perwakilan buruh (FKPAK) mendapatkan undangan audiensi dari Pemkab. Perwakilan buruh ditemui oleh Wakil Bupati (Wabub) dan Forkopimda yang hasilnya Deadlock.

Kemudian, karena Jember masuk PPKM level 3 (6 Oktober 2021), pihak Polres Jember tidak menerbitkan Ijin Aksi, sehingga Aksi Buruh PDP Bersatu sepakat menunda aksi pertama, dengan syarat tidak dilakukan pelantikan atas 3 Direksi.

Di sisi lain pada hari H yang tertunda itu perwakilan buruh mengajukan hearing ke DPRD, dan ditemui oleh Ketua Komisi C (David Handoko Seto) dan jajarannya. Janji DPRD siap secepatnya berkomunikasi dengan Bupati melalui lembaga legeslasinya agar Bupati menunda pelantikan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X