• Senin, 3 Oktober 2022

Semarakkan HUT TNI AL ke 77, Lanal Banyuwangi Gelar Kompetisi Perahu Layar Arungi Selat Bali

- Rabu, 7 September 2022 | 15:01 WIB
Semarakkan HUT TNI AL ke 77, Lanal Banyuwangi Gelar Kompetisi Perahu Layar Arungi Selat Bali (Hariyadi)
Semarakkan HUT TNI AL ke 77, Lanal Banyuwangi Gelar Kompetisi Perahu Layar Arungi Selat Bali (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Sebanyak 77 nelayan dari berbagai daerah mengikuti kompetisi perahu layar mengarungi Selat Bali.  Nampak Perahu layar berjajar di bibir Pantai Bulusan, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Rabu (7/09/2022).

Para peserta itu mempersiapkan diri bersama perahunya untuk beradu kecepatan dan kepiawaian mengoperasikan perahu layar untuk memperebutkan piala Danlanal Cup. Kompetisi itu digelar Lanal Banyuwangi dalam rangka peringatan HUT TNI AL ke-77.

Danlanal Banyuwangi Letkol (P) Laut Ansori mengatakan kompetisi itu diikuti oleh 77 peserta dari beberapa Kabupaten mulai dari Jember, Probolinggo bahkan juga ada dari Jembrana.

Baca Juga: Banyuwangi Tuan Rumah Kontes dan Pameran Bonsai Nasional 2022

Lomba sebagai dukungan kepada para nelayan agar tetap antusias dalam melestarikan budaya yang menjadi ciri Indonesia sebagai negara maritim.

"Sebetulnya bisa 100 tapi ini kita ada 77 dulu, event-event berikutnya akan kita helat lebih meriah lagi," kata Letkol Ansori.

Dalam peringatan HUT tahun ini, lanjut Ansori, dimaknai dengan cara berbeda di banding tahun sebelumnya. Bila biasanya diisi dengan atraksi alutsista, tahun ini diisi dengan gerakan laut bersih yang digelqr serentak di 77 titik laut.

"Pesan pimpinan pembersihan tidak hanya momen tertentu saja, tapi kalau bisa setiap hari. Ini bagian dari komitmen AL karena kita di laut, juga wajib menjaga kelestariannya. Sesuai semboyan Jeles Veva Jayamahe yang artinya justru di laut kita jaya," ujarnya.

Baca Juga: Aliansi Mahasiswa Banyuwangi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X