• Senin, 4 Juli 2022

Sejarah Singkat Dibalik Penunjukan Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Kompetisi World Surf League 2022 di G-Land

- Selasa, 24 Mei 2022 | 09:02 WIB
Ombak pantai G-land pada era tahun 90'an (WorldSurfLeague - ERIC DIAMOND)
Ombak pantai G-land pada era tahun 90'an (WorldSurfLeague - ERIC DIAMOND)

KABAR RAKYAT, Sport - Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tuan rumah kompetisi selancar paling bergengsi dunia yakni World Surf League (WSL) Championship Tour 2022, di Pantai G-Land mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2022 mendatang.

Namun, terdapat hal unik yang perlu diulas terkait bagaimana ombak laut di kota paling timur pulau Jawa ini dikenal sebagai surga para peselancar dunia sehingga untuk tahun 2022 ini kembali mendapat kepercayaan untuk menggelar kompetisi bergengsi tersebut.

Berikut sejarah dibalik Kompetisi World Surf League di G-Land Banyuwangi yang telah Kabar Rakyat Rangkum melalui website resmi World Surf League (WSL).

Baca Juga: Atlet Selancar dari Berbagai Negara Mulai Tiba di Banyuwangi

Pada tahun 1993, sekelompok kecil desainer Quiksilver, yang dipimpin oleh visioner Australia Bruce Raymond, mendarat di desa tepi laut Banyuwangi. Menelusuri jalan di pulau Jawa, mereka akhirnya tiba di G-Land.

Itu adalah misi pengintaian pertama untuk apa yang akan menjadi Quiksilver Pro G-Land.

Dilansir dari WSL, "Ketika kami sampai di sana, Pat (O'Connell) dan Wingnut (Weaver) baru saja berada di sana bersama Laird (Hamilton) dan Gerry (Lopez) syuting untuk 'Endless Summer II.' Itu masih sangat terpencil, sangat jauh dari jalan yang dilalui," kenang Eric Diamond, yang merupakan kepala desainer papan selancar Quiksilver di AS selama era ini dan sedang dalam misi awal ke G-Land.

Baca Juga: Padukan Nuansa Budaya dan Teknologi, Kementerian PUPR Tata Kawasan Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi Jatim

Melihat kompetesi G-Land, tidak hanya sebagai kompetisi saja tetapi akan menjadi pengalaman tersendiri bagi peselancar, Quiksilver membungkus seluruh lini pakaian di sekitar konsep tersebut. Mereka menjulukinya "Surfers Of Fortune" dan memiliki atlet seperti Kelly Slater dan Tom Carroll yang menggantikannya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: World Surf League

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X