5 Jenis Makanan Untuk Sahur Yang Sehat Agar Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

- Selasa, 29 Maret 2022 | 09:46 WIB
5 jenis makanan untuk sahur yang sehat/Pikiran Rakyat
5 jenis makanan untuk sahur yang sehat/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Agar Anda tetap kuat menjalani aktivitas sehari-hari meskipun sedang berpuasa, asupan makanan ketika sahur tentu menjadi perkara yang tidak boleh diabaikan.

Berpuasa saat bulan Ramadan artinya menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam, sejak matahari terbit hingga terbenam. Jika menu sahur hanya dipenuhi karbohidrat saja, besar kemungkinan kadar gula darah melonjak, menimbulkan rasa lemas, dan mudah lapar.

Ibaratnya, sahur merupakan pengganti sarapan bagi orang yang berpuasa. Supaya ibadah puasa berjalan dengan lancar hingga waktu berbuka, Anda harus memastikan bahwa kandungan gizi dan porsi makan sahur cukup untuk memberi cadangan energi.

Baca Juga: Doa Khusus Hari ke 11 hingga ke 20 Puasa Bulan Ramadhan,Arab,Latin dan Artinya

Dilansir Kabar Rakyat dari berbagai Sumber, Selasa 29 Maret 2022, Berikut 5 pilihan jenis makanan untuk sahur sehat

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Supaya Anda bisa lebih kuat dalam berpuasa, sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi saat sahur. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks di antaranya adalah gandum, nasi merah, sereal, oatmeal, serta kentang. Idealnya, konsumsi karbohidrat kompleks sebanyak satu sampai dua porsi untuk mencukupi kebutuhan energi sehari penuh.

2. Protein
Menu sahur sehat berikutnya yang juga tidak boleh Anda lupakan saat sahur adalah makanan sumber protein. Selain diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan-jaringan di dalam tubuh, protein juga berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi protein yang cukup di waktu sahur, maka Anda tidak akan mudah lemas atau sakit selama berpuasa. Adapun beberapa sumber protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur di antaranya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging sapi, telur, keju yogurt, serta kacang-kacangan.

Baca Juga: Penentuan Awal Ramadhan 1443 H, BMKG Siap Pantau Hilal di 34 Lokasi Mulai 1 April 2022

3. Sayur-Sayuran

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama berpuasa, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan serat saat sahur juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sebab, selain dapat melancarkan pencernaan, bahan-bahan makanan yang banyak mengandung serat juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membersihkan Telur Ayam dengan Benar Bagi Pemula

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:24 WIB

100 Nama Cantik Pembawa Keberuntungan Bagi Kehidupan

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:25 WIB
X