• Minggu, 22 Mei 2022

Hasil Skor Timnas Putri Indonesia vs Australia Piala Asia Wanita 2022, Garuda Pertiwi Dibantai

- Jumat, 21 Januari 2022 | 19:47 WIB
Sam Kerr melewati pertahanan Indonesia (Instagram: @pssi)
Sam Kerr melewati pertahanan Indonesia (Instagram: @pssi)

KABAR RAKYAT, Sport - Australia terbukti terlalu kuat untuk Indonesia yang tidak berpengalaman di pentas Piala Asia Wanita 2022 India 2022. Australia menang 18-0 dalam pertandingan pembukaan Grup B di Mumbai Football Arena pada hari Jumat, 21 Januari 2022 sore tadi.

Sam Kerr memulai pertandingan dengan satu gol di belakang Tim Cahill dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa, pria atau wanita Australia dan mengakhirinya dengan unggul empat, saat tim Tony Gustavsson memberikan dominasi total atas tim Indonesia yang membuat penampilan Final pertama mereka sejak 1989.

Bintang Chelsea itu adalah satu dari delapan pemain yang mencatatkan namanya di daftar pencetak gol dalam kemenangan tersebut, yang terbesar di Australia di Piala Asia Wanita AFC.

Baca Juga: Krisis Kemenangan Barcelona Terus Berlanjut Pasca Tersingkir dari Copa del Rey

Ingin tampil impresif di turnamen besar pertama mereka dalam satu generasi, Indonesia menampilkan pertahanan yang berani di menit-menit awal, tetapi perlawanan mereka dipatahkan ketika operan Emily van Egmond menemukan Kerr, yang membawa pulang gol internasional ke-50nya pada menit sembilan.

Gol itu menyamakan rekor Cahill, dan Kerr memecahkannya hanya dua menit kemudian, dengan operan van Egmond lainnya memberi kapten Australia itu pemandangan yang nyaris tak bisa dilewatkan ke gawang.

Kerr memberi umpan kepada Caitlin Foord untuk gol ketiga Australia pada menit ke-14, sebelum Mary Fowler beraksi dengan penyelesaian akhir tiga menit kemudian, dan Matildas unggul 5-0 ketika Raso dengan berani menanduk bola pada menit ke-24.

Baca Juga: Meski Terdapat Jeda Kompetisi BRI Liga 1, Arema FC Tak Liburkan Para Pemainnya

Dengan pasukan Rudy Eka Priyambada tidak berdaya untuk melawan kecepatan dan pergerakan Australia, Kerr menyelesaikan hat-tricknya dari titik penalti sesaat sebelum tendangan sensasional dari jarak 15 yard dari Carpenter memperpanjang keunggulan.

Delapan dengan cepat menjadi sembilan ketika Kerr mencetak gol keempatnya dari jarak beberapa kaki, dengan van Egmond sekali lagi menjadi penyedia, sebelum van Egmond sendiri menjadikannya sembilan di babak pertama dengan tendangan penalti yang keras tak lama kemudian.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Peluang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia Wanita India 2022

Gustavsson membuat lima perubahan pada interval, tetapi sedikit berubah di lapangan, dengan Carpenter menggandakan angka dengan upaya jarak jauh yang spekulatif sebelum Kerr membuat penghitungan individunya menjadi lima, kemudian mengatur van Egmond yang produktif untuk sundulan empuk untuk membuatnya 12-0.

Van Egmond menyelesaikan hat-tricknya dan menjadikannya 13 tepat sebelum satu jam, sementara Kerr menunjukkan tanda-tanda kesalahan yang jarang dengan mengirim tendangan penalti ke mistar gawang, sebelum Indonesia mengukir peluang menyerang yang langka, hanya untuk Baiq Amiatun Shalihah untuk menyendoknya upaya melewati mistar gawang.

Tapi kegembiraan relatif Garuda Pertiwi berumur pendek, dengan pemain pengganti lain, Kyah Simon menambah gol, dan van Egmond mengalahkan Nurhalimah dari jarak dekat sebelum Simon mengecoh penjaga gawang Indonesia untuk menjadi 16-0 pada menit ke-71.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: AFC

Tags

Terkini

X