• Selasa, 30 November 2021

Tren Fitur ‘Add Yours’ di Instagram, Ini 4 Tips Mencegah Penyalahgunaan Data Pribadi dari Kemenkominfo

- Rabu, 24 November 2021 | 17:48 WIB
4 Tips Mencegah Penyalahgunaan Data Pribadi dari Kominfo. ( Instagram @kemenkominfo)
4 Tips Mencegah Penyalahgunaan Data Pribadi dari Kominfo. ( Instagram @kemenkominfo)

KABAR RAKYAT – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bagikan tips untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi di fitur 'Add YoursInstagram.

Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan fitur 'Add Yours' di Instagram memiliki potensi kebocoran data pribadi pengguna.

Selanjutnya, Juru Bicara Kominfo juga menyampaikan, bahwa dalam beberapa pekan memang tren 'Add Yours' sedang marak diikuti oleh pengguna media sosial Instagram.

“Awalnya 'Add Yours' digunakan untuk senang-senang dengan membagikan momen atau peristiwa yang diinginkan oleh pengguna,” kata Dedy, dikutip Kabar Rakyat dari laman PotensiBisnis.com, Rabu, 24 November 2021.

Tidak hanya itu, para pengguna fitur 'Add Yours' juga melakukan beberapa challenge seperti Variasi Nama Panggilan Kamu, Jarak umur kamu dan pasangan, Tempat Tanggal Lahir, dan hal tersebut mengakibatkan penyalahgunaan data pribadi.

Baca Juga: Daftar Lengkap Penerima Anugerah Layanan Investasi 2021 oleh Kementerian BKPM, Provinsi Jawa Tengah Terbaik

Selain bisa menjadi penyalahgunaan data pribadi, hal itu bisa digunakan untuk penipuan pinjaman daring ilegal oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dedy Permadi juga mengatakan agar masyarakat, khususnya pengguna fitur ‘Add Yours’ bisa lebih berhati-hati dalam menyebarkan data pribadi.

Juru bicara Kominfo tersebut menyampaikan beberapa tips untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi agar tidak mudah tersebar di media sosial.

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Sumber: potensi bisnis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X