• Senin, 24 Januari 2022

Jelang Piala AFF 2020 PSSI Bikin Senang Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Bakal Lebih Kuat

- Sabtu, 20 November 2021 | 10:52 WIB
Pemain Timnas Indonesia sedang menjalani Pemusatan Latihan di Turki sebelum terjun ke ajang Piala AFF 2020 (PSSI)
Pemain Timnas Indonesia sedang menjalani Pemusatan Latihan di Turki sebelum terjun ke ajang Piala AFF 2020 (PSSI)
KABAR RAKYAT – Menjelang bergulirnya piala AFF 2020 yang dimulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022, PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia gerak cepat mematangkan persiapan tim. Termasuk menindaklanjuti keinginan pelatih Shin Tae-yong agar PSSI melakukan naturalisasi terhadap beberapa pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri. 
 
Piala AFF 2020 tersebut akan berlangsung di Singapura. Indonesia berada di Grub B bersama Vietnam, Malaysia, Laos serta Kamboja. Jika persiapan timnas Indonesia kurang, maka bukan tidak mungkin Malaysia dan Vietnam akan menjadi ganjalan timnas untuk melangkah ke babak selanjutnya. 
 
Timnas Vietnam statusnya sebagai juara bertahan piala AFF. Sedangkan Malaysia punya catatan kemenangan yang bagus ketika melawan timnas Indonesia. Cukup sering Malaysia mengalahkan timnas Indonesia sehingga patut diperhitungkan. 
 
Salah satu upaya PSSI memperkuat timnas Indonesia adalah dengan melakukan gerak cepat terhadap keinginan pelatih tentang naturalisasi empat pemain yang Timnas. Ke empat pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks dan Mees Hilgers. Tidak main-main, PSSI menugaskan salah satu anggota Komite Eksekutif Hasan Abdulgani untuk menuntaskan proses naturalisasi tersebut.
 
Hal itu diungkap Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti yang dilansir kabarrakyat dari laman resmi PSSI. Diketahui, timnas Indonesia membutuhkan pemain dengan postur tingi untuk memperkuat lini pertahanan. Keberadaan pemain belakang dengan postur jangkung tersebut diharapkan dapat menghalau bola-bola lambung yang mengancam gawang Indonesia.
 
Stok pemain belakang timnas Indonesia saat ini cukup banyak. Namun postur pemain belakang Timnas Indonesia masih kalah tinggi dengan pemain timnas lawan. Alhasil beberapa gol yang terjadi ke gawang Indonesia tercipta dari bola-bola atas yang tak mampu dijangkau pemain belakang timnas Indonesia.
 
Hal itu terbukti dalam pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia dengan Afghanistan pada 16 November 2021 kemarin. Ketika itu Elkan Baggott terpaksa tidak bisa melanjutkan pertandinagn akibat cedera setelah berbenturan dengan pemain Afghanistan. 
 
Sebelum Elkan Baggott cedera dan ditarik keluar, skor masih sama kuat 0-0. Namun tak lama setelah itu gawang Indonesia kebobolan. Dalam uji coba tersebut timnas Indonesia alhirnya kalah 1-0 dari Afghanistan. 
 
Saat ini Elkan Baggott sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Postur tubuh Elkan Baggot yang tingginya di atas 190 cm  diharapkan mampu memperkuat lini belakang timnas Indonesia
 
PSSI bergerak cepat memproses naturalisasi pemain yang punya darah Indonesia. Kami harus hati-hati melakukan hal tersebut, karena yang utama harus ada rekomendasi dari pelatih Shi tae-yong,” terang Yunus Nusi.
 
Salah satu fokus yang dikebut PSSI dalam proses naturalisasi itu adalah dokumen para calon pemain yang dinaturalisasi. Apakah benar-benar memiliki darah Indonesia atau tidak. Sebab berkaca pada kasus Marc Klok yang ngebet ingin bergabung timnas Indonesia. Namun ketika diperiksa dokumennya, Marc Klok tidak dapat menunjukkan bukti bahwa dirinya punya darah Indonesia. 
 
Alhasil rencana naturalisasi Marc Klok menjadi buntu. Syarat lain untuk Marc Klok agar dapat memperkuat timnas Indonesia adalah harus tinggal minimal 5 tahun di Indonesia.
PSSI juga mengecek dokumen para pemain ini apakah benar mempunyai darah Indonesia. Karena apabila dokumen tidak ada atau tidak diakui FIFA bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia,” tambah Yunus Nusi.
 
Ke empat pemain yang akan dinaturalisasi tersebut memang rekomendasi dari pelatih Shin Tae-yong. Jika itu segera terwujud, maka pelatih asal Korea Selatan itu akan senang dan sangat yakin timnas Indonesia akan jauh lebih kuat.
 
“Kalau ada empat pemain itu di Timnas Indonesia, pasti timnas akan lebih kuat di Asia Tenggara,” kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.
 
Saat ini timnas Indonesia sedang berada di Turki dalam rangka pemusatan latihan sebelum terjun dalam piala AFF 2020. Timnas Indonesia masih akan melakukan satu kali pertandngan uji Coba, yakni melawan timnas Myanmar yang akan berlangsung di stadion Gloria, Turki pada 26 November 2021. ***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: PSSI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X