• Senin, 17 Januari 2022

Minyak Goreng Mahal, Berikut Alternatif Pengantinya Untuk Mengoreng

- Rabu, 3 November 2021 | 10:08 WIB
Salah satu penganti minyak goerng yakni minyak zaitun /Pikiran Rakyat.com
Salah satu penganti minyak goerng yakni minyak zaitun /Pikiran Rakyat.com

 

KABAR RAKYAT, inspirasi - Harga minyak goreng curah maupun kemasan di pasaran mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Mengutip informasi dari media massa Banyuwangi, harga minyak goreng curah yang bisanya dijual Rp. 17.000 per liter saat ini naik menjadi Rp. 29.000,demikian juga dengan harga minyak goreng kemasan. Hal ini tentu menjadi keluhan para ibu rumah tangga maupun penjual kuliner.

Dikutip Kabar Rakyat dari berbagai sumber, Rabu 03 Nopember 2021.  Ada alternative pengganti minyak goring untuk memasak atau mengoreng,selain dari minyak goreng berbahan baku kelapa sawit.

Baca Juga: Institut Teknologi PLN Operasikan Laboratorium Gasifikasi Biomassa dan Sampah Pertama di Indonesia

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tinggi asam lemak tak jenuh tunggal. Dan titik asap minyak zaitun bervariasi tergantung pada jenis minyak zaitun:

  • Extra Virgin: 160 derajat Celsius
  • Virgin: 215 derajat Celsius
  • Pomace: 237 derajat Celsius
  • Extra Light: 242 derajat Celsius

Minyak zaitun extra virgin punya rasa terkaya karena dibuat tanpa panas atau bahan kimia, sehingga baik untuk saus salad. Sementara minyak zaitun olahan itu baik untuk menumis dan drizzling/taburan, minyak zaitun buruk bila digunakan untuk menggoreng masakan.

  1. Minyak Canola

Minyak canola adalah salah satu jenis minyak nabati yang mengandung 94% lemak jenuh dan mengandung omega 3 sehingga baik untuk tubuh. Minyak berbahan biji bunga kanola ini memiliki rasa yang netral sehingga cocok untuk memasak apa saja. Titik asapnya yang tinggi membuat minyak dengan kandungan asam lemak Alpha-Linoleic Acid (ALA) ini juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menggoreng dengan suhu tinggi layaknya minyak kelapa sawit.

Baca Juga: Bantu Tingkatkan Produksi Petani Buah Naga, Uniba Kembangkan Teknologi Panel Surya

  1. Minyak Wijen

Minyak wijen kerap kali dipakai dalam masakan ala China karena memiliki rasa yang kuat. Adapun titik asap yang tinggi pada minyak wijen bisa dipakai untuk resep masakan dengan panas yang tinggi.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bisnis yang Bakal Tren di Tahun 2022

Jumat, 17 Desember 2021 | 07:51 WIB

Hari Pahlawan 10 Nopember, Berikut Sejarahnya

Selasa, 9 November 2021 | 07:36 WIB
X