• Selasa, 30 November 2021

Pertandingan Timnas U-23 Selanjutnya Bakal Uji Coba Lawan Nepal, Shin Tae Yong Lakukan Evaluasi

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:17 WIB
Pertandingan Timnas U-23 Selanjutnya Bakal Uji Coba Lawan Nepal, Shin Tae Yong Lakukan Evaluasi (pssi.org)
Pertandingan Timnas U-23 Selanjutnya Bakal Uji Coba Lawan Nepal, Shin Tae Yong Lakukan Evaluasi (pssi.org)
KABAR RAKYATTimnas U-23 sedang memiliki tren positif. Dalam tiga pertandingan terakhir, Garuda Muda selalu berhasil meraih kemenangan. Tujuh gol diciptakan, dan hanya kebobolan 2 gol.
 
Kemenangan pertama diraih dalam leg pertama melawan Taiwan dalam play-off Kualifikasi Piala Asia U-23, Garuda Muda menang 2-1. Pertandingan ini digelar di tempat netral, yakni di Thailand. 
 
Kemenangan kedua didapatkan dalam leg kedua yang digelar 11 Oktober 2021, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menang telak 3-0 atas Taiwan. Total anak asuhan Shin Tae-young menang agregat 5-1.
 
Sementara kemenangan ketiga diraih Garuda Muda dalam laga ujicoba melawan Tajikistan pada Selasa 19 Oktober 2021. Ketika itu Timnas yang sempat tertinggal satu Gol dari Tajikistan berhasil membalikkan keadaan dan meraih kemenangan 2-1 melalui Gol Hanis Saghara di menit ke-35 dan Bagus Kahfi di menit ke-63.
 
Jadwal pertandingan Timnas U-23 selanjutnya adalah melawan Nepal. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Tajikistan, 22 Oktober 2021 di Hisor Central Stadium, Jumat 22 Oktober 2021. Pertandingan melawan Nepal merupakan laga ujicoba sebelum melawan Australia di ajang resmi babak Kualifikasi Grub G Piala Asia U-23 2022.
 
Menghadapi Nepal, Shin Tae-yong terus melakukan pembenahan dan evaluasi. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan para pemain masih terus beradaptasi dengan lapangan sintetis dan cuaca di Tajikistan.
 
“Jadi para pemain ada yang merasa grogi, apalagi pada pertandingan ini kita menggunakan lapangan sintetis dan memang beda lingkungan seperti makanan dan cuaca, jadi memang proses adaptasi,” kata Shin Tae-yong sebagaimana disunting Kabar Rakyat dari PSSI.
 
Shin tae-yong berharap performa terbaik dari anak asuhynya akan muncul ketika melawan Australia yang dijadwalkan berlangsung 27 dan 30 Oktober 2021. Satu lagi yang ditekankan Shin Tae-yong adalah tidak terpancing emosi dalam permainan.
 
“Kami terus perbaiki kekurangan dari tim ini, semoga laga uji coba selanjutnya lebih baik lagi, kami tekankan pemain untuk fair play, tidak terpancing emosi dan menghargai lawan,” pungkas pelatih berusia 52 tahun tersebut.
 
Peluang Indonesia lulus ke putaran final Piala Asia U-23 masih terbuka. Garuda Muda hanya dapat menembusnya jika menang melawan Australia. Indonesia dan Australia berada di Grub G. 
 
Sebenarnya ada empat tim di Grub tersebut, yakni Brunei Darussalam dan Tiongkok. Namun kedua Negara itu batal mengikuti babak Kualifikasi AFC U-23 karena mengundurkan diri. Hanya ada juara grup yang berhak lolos ke piala AFC U-23 yang akan digelar tahun depan.  
 
Sementara itu persiapan juga dilakukan tim Australia U-23 dengan melakukan pemusatan latihan di Dubai.
 
Dikutip Kabar Rakyat di dari Topskor Pikiran-rakyat.com, pelatih Timnas U-23 Australia, Trevor Morgan menyebut anak asuhnya telah menampilkan energi luar biasa saat menjalani pemusatan latihan.
 
Trevor cukup optimis dengan komposisi anak asuhnya untuk melawan Timnas U-23 Indonesia. Sebanyak 21 pemain Ausralia U-23 disebut sudah berada di Dubai.
 
“Sangat menyenangkan untuk melihat betapa berartinya bagi pemain-pemain kami bisa berkumpul, mereka sangat senang sekali mewakili Australia,”  tukas Trevor.
 
Sama seperti Negara lain, Timnas U-23 Asutralia juga mengumpulkan para pemainnya dalam waktu yang tidak terlalu sebab. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebabnya. Kelemahan tersebut dapat diharapkan dapat dimanfaatkan Garuda Muda untuk mengalahkan Ausrralia U-23.***

Editor: Ayu Nida

Sumber: PSSI, Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X