• Selasa, 30 November 2021

Melirik Peluang Rider Yamaha Fabio Quartararo Mengukir Sejarah Setara dengan 16 Legenda MotoGP Sebelumnya

- Senin, 18 Oktober 2021 | 15:55 WIB
Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha (Instagram: @fabioquartararo20)
Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha (Instagram: @fabioquartararo20)

KABAR RAKYAT, Sport - Fabio Quartararo pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP mendapatkan match point Kejuaraan Dunia pertamanya di Gran Premio Nolan del Made in Italy e dell'Emilia-Romagna yang akan datang.

Tak hanya itu, jika pebalap asal Perancis itu dapat mengklaim mahkota juara MotoG 2021 kali ini, dia akan bergabung dengan tim eksklusif 16 pembalap juara MotoGP sebelumnya.

El Diablo julukan Quartararo menarik perhatian dunia balap motor ketika ia menjadi Juara Dunia Junior FIM CEV Moto3 2 kali berturut-turut pada tahun 2013 dan 2014. Tidak mengherankan ketika ia melakukan debut Grand Prix pada tahun 2015 dengan harapan yang tinggi.

Baca Juga: Striker Tottenham Harry Kane Disarankan Untuk Menolak Godaan Kontrak dari Newcastle United

Namun, gelar di Moto3 dan Moto2 tidak akan pernah membuahkan hasil yang memuaskan sebelum Quartararo naik kelas ke MotoGP pada 2019 bersama Petronas Yamaha SRT.

Wajar untuk mengatakan bahwa Quartararo berkompetisi di kelas utama seperti pepatah bebek turun ke air. Dan kini, pada 2021, pebalap berusia 22 tahun itu hampir saja merebut gelar MotoGP.

Baca Juga: Memaknai Hidup dan Mati dengan Cara yang Indah dan Bergembira Ala Gus Baha

Jika Quartararo mampu menangkis saingan gelar Francesco Bagania (Ducati Lenovo Team) antara sekarang dan bendera finish di Valencia, dia akan menjadi pebalap ke-17 yang mengklaim mahkota kelas utama tanpa memenangkan gelar di kelas ringan atau menengah.

Bahkan, Quartararo berpeluang menjadi pebalap Eropa pertama yang melakukan hal itu sejak Franco Uncini pada 1982. Tiga pebalap terakhir yang memenangi Kejuaraan Dunia MotoGP antara lain Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar), Marc Marquez (Tim Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo  semuanya telah memenangkan setidaknya satu gelar saat menaiki tangga ke puncak.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: MotoGP

Tags

Terkini

X