• Minggu, 27 November 2022

Jawa Barat Juara Umum PON Papua, DKI Jakarta Peringkat Kedua, Unggul Tips dari Jawa Timur

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:56 WIB
Jawa Barat Juara Umum PON Papua, DKI Jakarta Peringkat Kedua, Unggul Tips dari Jawa Timur (Foto: Gorajuara/Humas Provinsi Jabar)
Jawa Barat Juara Umum PON Papua, DKI Jakarta Peringkat Kedua, Unggul Tips dari Jawa Timur (Foto: Gorajuara/Humas Provinsi Jabar)
KABAR RAKYAT - Juara PON atau Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 berhasil diraih Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat meraih 133 medali Emas, 105 perak dan 118 perunggu
 
Raihan prestasi Atlet Jawa Barat tersebut merupakan pengulangan menjadi juara umum di ajang PON dua kali berturut-turut. Pengulangan sejarah tersebut terjadi 70 tahun yang lalu.
 
Dikutip Kabar Rakyat dari potensibisnis.com pada Sabtu 16 Oktober 2021, Provinsi Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar sebagai juara umum PON tahun ini. Pada gelaran PON sebelumnya, Jawa Barat juga berhasil menjadi juara umum PON.
 
Pada perhelatan PON sebelumnya di Bandung, Jawa Barat berhasil sebagai juara umum dengan meraih 217 Emas, 154 Perak dan 158 Perunggu. 
 
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat mengatakan 70 tahun yang lalu Jawa Barat pernah menjadi juara umum PON selama dua gelaran berturut-turut, yakni sejak 1951 hingga 1953.
 
Pada tahun 1951 PON digelar di Jakarta. Jawa Barat menjadi juara umum dengan mengoleksi 21 Emas. 10 perak dan 11 Perunggu. Kala itu PON 1951 hanya melombakan 18 cabor atau cabang Olahraga.
 
Sedangkan pada tahun 1953, PON digelar di Medan, Jawa Barat meraih 24 Emas, 12 Perak dan 14 Perunggu. Kala itu Pekan Olahraga Nasional itu digelar dua tahunan. 
 
PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan, ini bukan sekadar prestasi medalu, namun bukti cinta para atket kepada Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil.
 
Pada awal event, Posisi Jawa Barat dalam perolehan medali masih di bawah Provinsi DKI Jakarta dan tuan rumah Papua yang berada di peringkat pertama dan kedua. Namun di pertengahan event pecan Olahraga Nasional yang bergengsi itu, jawa Barat mulai unggul dan meninggalkan provinsi lain sehingga menjadi juara umum PON tahun ini.
 
Peringkat kedua diraih Provinsi DKI Jakarta dengan 110 Emas, 91 Perak dan 100 Perunggu. Unggul tipis dengan provinsi Jawa Timur yang berada di peringkat ketiga dengan raihan 100 Emas, 89 Perak dan 90 Perunggu.
 
Sementara tuan rumah, Papua harus puas berada di peringkat ke empat dengan 93 Emas, 67 Perak dan 102 Perunggu. 
 
Pelaksanaan PON selanjutnya akan digelar pada tahun 2024. Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama.
 
Gelaran PON tahun ini di Papua punya catatan penting. Wakil Presiden RI, KH Makruf Amin yang menutup pelaksanaan PON di Papua menyebut tiga catatan penting itu adalah pembanguan infastruktur yang massif dan bertaraf internasional, lokasi pelaksanaan PON terjadu dan digelar dalam kondisi Indonesia masih pandemic Covid-19. 
 
Meski demikian pelaksanaan PON di Papua yang menjadikan Jawa Barat sebagai juara umum PON berlangsung sempurna. 
 
“Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa, Torang Bisa bini bukan hanya sekadar semboyan, tapi nyata dan terbukti, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada masyarakat papua,” pungkas wapres seperti dikutip Kabar Rakyat dari situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Reoublik Indonesia, kemenpora.go.id.***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: kemenpora.go.id, Potensibisnis.pikiran.rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X