• Selasa, 7 Desember 2021

Tetap Inovatif Pelaku UMKM Kopi Songgon Bertahan di Masa Pandemi

- Minggu, 18 Juli 2021 | 03:25 WIB
UMKM Songgon ,Banyuwangi bertahan jual Kopi dengan model Online (Yusuf Sugiono)
UMKM Songgon ,Banyuwangi bertahan jual Kopi dengan model Online (Yusuf Sugiono)

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Dimasa pandemi ini mengharuskan para pelaku UMKM untuk pintar-pintar memutar otak agar tetap bisa bertahan hidup.

Seperti yang dilakukan oleh Bu. Sunarmi sebagai pelaku UMKM yang bergerak di produksi kopi khas songgon,beliau adalah pemilik kedai kopi yang bernama Kedai Kopi Bu Jemblung.

Sepinya kunjungan konsumen, akibat penutupan wisata yang ada disonggon karena pandemi membuat Bu Sunarmi memilih cara cerdas memanfaatkan strategi pemasaran online.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Besok 17 Juli 2021: Virgo Habiskan Waktu dengan Pasangan dan Capricorn Kencan

Pademi Covid-19 membuat siapa saja profesinya harus bertahan. Tak mudah memang bagi orang awam mengubah kebiasaan baru dari pemasaran tradisional ke cara digital melalui cara online.

Apalagi pelaku usaha mikro yang mayoritas orang awam tehnologi. Namun hari ini orang dipaksa masuk ke cara digital karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak jelas kapan berakhirnya.

Bu Sunarsih dengan keterbatasanya sebagai penjual kopi dengan merk kopi Bu Jemblung mencoba tetap eksis mempertahankan konsumenya meski kondisi serba sulit.

Baca Juga: Bapemperda DPRD Banyuwangi Bedah Naskah Akademik dan Draf Awal Raperda Kesehatan Lingkungan.

“Harus pintar-pintar mengubah strategi pemasaran agar dapat terus berjalan meskipun di tengah pandemi seperti sekarang," jelasnya.

"Awalnya saya sangat tidak paham namun, inovasi harus kita ambil agar usaha kita tetap jalan. Alhamdullah berdagang melalui jaringan online ternyata cukup menolong jualan kopi,” kata Sunarsih asal Desa Rowo Bayu, Songgon, Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X