• Senin, 3 Oktober 2022

Wamendag Apresiasi Langkah Banyuwangi Digitalisasi Transaksi di Pasar

- Kamis, 21 Juli 2022 | 07:01 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat melihat digitalisasi transaksi di Pasar Rogojampi/banyuwangikab
Wamendag Jerry Sambuaga saat melihat digitalisasi transaksi di Pasar Rogojampi/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga meninjau Pasar Rogojampi, Rabu (20/7/2022). Ia mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang mendorong para pedagang untuk melakukan digitalisasi transaksi.

"Saya sangat senang melihat para pedagang dapat bertransaksi dengan non-tunai. Langkah yang dilakukan oleh Ibu Bupati ini, sangat tepat untuk meningkatkan kualitas para pedagang," ungkap Jerry.

Dengan adanya transaksi non-tunai tersebut, imbuh Jerry, akan membantu pencatatan keuangan para pedagang. "Sehingga, ketika mereka membutuhkan akses modal ke perbankan akan lebih mudah. Tinggal menunjukkan buku tabungannya, maka akan mempermudah perbankan dalam memberikan penilaian," terangnya.

Baca Juga: Tren Covid-19 Nasional Mulai Meningkat, Banyuwangi Masifkan Vaksin Booster

Pada kunjungannya tersebut, Jerry mencoba berbelanja di sejumlah pedagang. Rerata para pedagang telah menggunakan transaksi digital berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Salah satunya kepada seorang pedagang daging bernama Aminah. Ibu paruh baya itu mengaku senang dengan penggunaan QRIS tersebut.

"Enak menggunakan QRIS. Lebih aman. Uangnya tidak mudah hilang atau selip saat pengembalian," ujar perempuan yang telah berdagang daging sejak 9 tahun silam itu.

Hal yang sama juga diakui oleh Tri Puji Susilo. Pedagang bawang ini mengaku menggunakan QRIS setahun terakhir. Hal itu membuatnya semakin rajin menabung.

"Yang non-tunai jarang kita ambil. Yang tunai kita putar lagi sebagai modal," aku pemuda yang melanjutkan lapak orang tuanya itu.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Gelar Penyuluhan Pendidikan Politik dan Simulasi Pemilu 2024 bagi Kalangan Pemilih Pemula

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X