KABAR RAKYAT – Produk dalam negeri didorong harus mampu bersaing dengan prosuk dari luar negeri. Upaya warga negara cinta produksi industri anak bangsa.
Pemerintah meluncurkan Gerakan Nasiona (Gernas) BBI atau Bangga Buatan Indonesia, #CahayaBangkaBelitung di pusatkan Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Bangka Belitung, pada Jumat 20 Mei 2022.
Acara Gerakan Nasional BBI dihadiri secara hibrid oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sabutan mengajak seluruh masyarakat untuk cinta, membeli, menggunakan, dan bangga dengan produk-produk dalam negeri.
“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, serta bangga menggunakan produk sendiri. Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli, pengguna sekaligus membantu memasarkan," tegasnya.
Produk itu, imbuhnya, bukan hanya barang, tapi juga obyek wisata, dan budaya. Tapi, peningkatan pemasaran harus diikuti dengan kualitas produk dan pelayanan.
Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Tanaman Toga dan Khasiatnya
Gejolak perekonomian global, ungkapnya, dapat diatasi dengan strategi membelanjakan uang, baik APBN, swasta, maupun masyarakat untuk membeli produk dalam negeri.
“Minimal 40 persen belanja pemerintah pusat dan daerah, serta belanja barang dan modal BUMN harus dialokasikan untuk membeli produk dalam negeri, terutama UMKM," ungkapnya.
Gernas BBI bertema 'Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia' turut dihadiri secara daring Menko Bidkemarinves Luhut Binsar Panjaitan dan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Angela Tanoesoedibjo.
Artikel Terkait
Tempat Wisata dan Produk UMKM di Sidoarjo Layak Jadi Percontohan Desa Devisa
Beli dari UMKM, Forpimda Banyuwangi Bagikan 10 Ribu Takjil Gratis
Dialog Pelaku Usaha Daerah, Mendag Perkuat UMKM Berdaya Saing Global
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa Serahkan Santunan Kepada 200 Yatim dan 100 Zakat Produktif UMKM
Mendag Dorong MoU Ekonomi Digital ASEAN-AS Untuk Pemberdayaan UMKM