• Senin, 3 Oktober 2022

Mendag Lutfi: Ragam Seni Budaya Daerah, Dapat Memberi Energi Semangat Menguatkan Perekonomian di ASEAN

- Kamis, 19 Mei 2022 | 06:27 WIB
Suasana jamuan kehormatan untuk para Menteri Ekonomi ASEAN di acara pertemuan Special Meeting, Bali. Tampak, ragam kesenian, tari tarian daerah dan menu hidangan Nusantara dinikmati. (Humas Kemendag for KabarRakyat)
Suasana jamuan kehormatan untuk para Menteri Ekonomi ASEAN di acara pertemuan Special Meeting, Bali. Tampak, ragam kesenian, tari tarian daerah dan menu hidangan Nusantara dinikmati. (Humas Kemendag for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT – Para Menteri Ekonomi ASEAN menikmati hiburan tari tarian daerah dan hidangan khas Nusantara di Jamuan kehormatan, awal tiba di tanah Jimbaran, Bali.

Sejumlah pemimpin di kementerian perekonomian negara di Asia Tenggara, sebelum agenda utama dilaksanakan. Lebih dahulu diajak santai sambil menikmati indahnya panorama alam di pulau Bali, pada sore hari.

Mereka hadir agenda pertemuan, ASEAN Economic Ministers' (AEM) Special Meeting, Bali yang diinisiasi oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Sebagi lanjutan pertemuan KTT AS-ASEAN di Washington DC, USA, lalu.

Sebagai tuan rumah, Mendag Lutfi, menyambut langsung para tamu tersebut dengan antusias. Ikut menjelaskan ragam tari tarian daerah yang ditampilkan.

Baca Juga: Pastikan Berjalan dengan Baik, DPU Pengairan Banyuwangi Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program Sekardadu

“Ragam tarian tradisional ini, menunjukan keanekaragaman budaya Indonesia sebagai wujud keramahtamahan bangsa Indonesia,” jelasnya.

"Tarian malam ini juga untuk membangun suasana makan malam. Indonesia berharap, Pertemuan AEM Special Meeting kali ini berkontribusi positif bagi pengembangan ekonomi kawasan,” ujar Mendag Lutfi.

Sejumlah tari tarian daerah yang disajikan, yaitu Tari Cendrawasih, Tari Bali Panyembrama, Tari Oleg Tamulilingan, Tari Baris, dan Tari Legong.

Tari Cendrawasih dari Papua menggambarkan pesona keindahan burung-burung di Papua. Tarian Gerakan menggambarkan penyambutan dewa-dewa yang turun di Kuil. Taari Oleg Tamulilingan, gerakan dan cerita tentang sepasang kumbang jantan dan betina di taman bunga. Tari Baris, perjuangan kesatria ke medan perang. Tari Legong, tarian penutup asal Bali.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Kemendag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 6 Tips Usaha Menengah Agar Cepat Berkembang

Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:31 WIB
X