• Kamis, 7 Juli 2022

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Hampers Khas UMKM Banyuwangi Banjir Orderan

- Sabtu, 30 April 2022 | 11:07 WIB
Salah satu hampers UMKM Bnyuwangi (Hariyadi)
Salah satu hampers UMKM Bnyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Setiap kali hari besar keagamaan tiba, istilah hampers dan parcel pasti langsung bermunculan. Keduanya seolah jadi simbol untuk saling berbagi antar keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Dan saat ini salah satu bisnis yang mendulang rezeki menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah bisnis hampers, karena di saat Lebaran, banyak orang akan memesan hampers untuk saudara, kerabat dan sahabatnya.

Di Banyuwangi, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) kue kering dan hampers atau bingkisan di Banyuwangi banjir orderan.

Uniknya, isi hampers di Banyuwangi dipenuhi dengan produk UMKM. Isi hampers pun bermacam-macam sesuai dari permintaan pelanggan. Mulai dari kue kering khas lebaran yang pembuatan berbasis home industry, minuman herbal, produk fashion hingga perlengkapan sehari hari seperti jilbab, masker dan tas.

Kaka Ketua Asosiasi Pengusaha Pangan Olahan Banyuwangi (ASPPOBA) mengatakan permintaan hampers menjelang lebaran meningkat 3 kali lipat.

Hampers UMKM Bnayuwangi

"Alhamdulillah meningkat 3 kaki lipat. Kami saat ini mencoba memenuhi kebutuhan hampers di Banyuwangi," ucap Kaka, Sabtu 30 April 2022.

Menurut Kaka, pihaknya sudah 4 tahun ini, menggandeng pelaku UMKM dalam pembuatan hampers Lebaran. Tidak ada buatan produk pabrikan diluar produksi UMKM Banyuwangi. Mulai dari produk kriya, pangan olahan, tekstil hingga kopi, mengisi hampers UMKM. Ini sebagai bentuk dukungan dalam pemulihan ekonomi masyarakat disaat pandemi COVID-19 ini berlangsung.

"Ini sebagai bentuk gotong royong UMKM menciptakan sebuah produk yang laku dijual. Kita juga sama sama saling mempromosikan dan turut menjual hampers UMKM ini," tambahnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X