• Minggu, 27 November 2022

Kemendag Perbarui Kategorisasi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta: Ikut Trend Dunia

- Jumat, 22 April 2022 | 18:08 WIB
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi (Dok Humas Kemendag)
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi (Dok Humas Kemendag)

KABAR RAKYAT – Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta tahun ini akan memiliki wajah baru.

Untuk merespon perkembangan tren perdagangan dunia yang semakin dinamis, Kemendag akan melakukan perubahan kategorisasi penerima dua penghargaan bergengsi di bidang ekspor tersebut.

Perubahan ini diharapkan bisa melahirkan eksportir-eksportir baru yang lebih inspiratif dalam meningkatkan kinerja perdagangan.

Baca Juga: Bupati Bondowoso Safari Ramadan di Masjid RSUD Koesnadi, Ajak Jaga Keamanan dan Prokes Jelang Idul Fitri

“Pembaruan kategorisasi untuk mengikuti tren perkembangan dunia yang semakin dinamis. Tahun ini Kementerian Perdagangan akan menganugerahkan primaniyarta kepada 15 eksportir berprestasi dan primaduta kepada 25 buyer loyal,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi di Jakarta hari ini, Jumat (22/4).

Penghargaan primaniyarta 2022 mengalami pembaruan menjadi 10 kategori dari 7 kategori pada tahun sebelumnya.

Kategorisasi penghargaan yang memasuki tahun ke-26 terdiri atas eksportir pendobrak pasar, eksportir produk jasa, platform marketplace digital/e-commerce, eksportir berkelanjutan, eksportir digital marketing, eksportir produk inovatif, eksportir produk digital, eksportir muda, perempuan eksportir, dan kepala daerah pendukung ekspor.

“Pembaruan tersebut selain dilihat dari definisi tiap kategori, eksportir juga harus memiliki performa ekspor yang baik dan menaati semua kepatuhan pemerintah,” ucap Didi.

Definisi kategori eksportir pendobrak pasar adalah eksportir yang mampu menembus pasar ekspor dengan upaya sendiri meskipun dengan kapasitas relatif terbatas.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Kemendag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X