• Kamis, 7 Juli 2022

Banyuwangi Gelar Festival Cokelat 2022 di Doesen Kakao Kendeng Lembu Glenmore

- Minggu, 13 Maret 2022 | 08:46 WIB
Bupati banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat olahan cokelat /banyuwangikab.go.id
Bupati banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat olahan cokelat /banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Festival Cokelat Glenmore. Kemeriahan dihadirkan dalam ajang yang digelar di Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore Sabtu, 12 Maret 2022.

Banyuwangi sendiri telah cukup dikenal sebagai salah satu daerah penghasil cokelat terbaik di dunia. Dalam festival cokelat tersebut akan mulai dari perlombaan kuliner berbahan cokelat hingga pengetahuan tentang prosesing kakao menjadi cokelat.

Menariknya, dalam festival tersebut pengunjung bisa merasakan cokelat dengan kualitas terbaik di Doesoen Kakao di kawasan Perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Sabtu (12/3/2022). Indonesia adalah negara penghasil coklat terbaik di dunia, dan salah satu daerah penghasil coklat terbaik dari Indonesia adalah perkebunan Kendeng Lembu ini.

Baca Juga: Gandeng Kemitraan Bersama Grab Indonesia, Banyuwangi Perluas dan Kembangkan Pasar Digital UMKM

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Direktur PT Perkebunan Nusantara XII, Siwi Peni. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan perlombaan olahan makanan dari bahan dasar cokelat, lomba seni, dan funbike.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam event masyarakat bisa langsung melihat bagaimana proses kakao diolah menjadi cokelat. Mulai dari pemanenan kakao, pemilihan dan pengeringan biji kakao hingga proses menjadi bubuk cokelat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, festival cokelat ini menjadi wadah edukasi tentang cokelat. Masyarakat bisa melihat langsung kebun kakao hingga bagaimana cara mengolah kakao menjadi cokelat yang di konsumsi.

Selain itu, lanjutnya, festival hasil kolaborasi dengan PTPN XII ini diharapkan bisa menggerakkan warga atau UMKM untuk mengembangkan bisnis coklat. Kebun Kendeng Lembu sendiri merupakan pusat perkebunan coklat satu-satunya di Indonesia yang terus eksis mempertahankan komoditas andalan ini.

Baca Juga: Tunjukkan Kekayaan Intelektual Pesantren, Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Kitab Kuning.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X