• Kamis, 7 Juli 2022

Manik-Manik Produk Desa di Jawa Timur Tembus Pasar Asia Eropa, Gubernur Khofifah: Layak Jadi Desa Devisa

- Senin, 14 Februari 2022 | 07:50 WIB
Manik-Manik Produk Desa di Jawa Timur Tembus Pasar Asia Eropa, Gubernur Khofifah: Layak Jadi Desa Devisa (Humas Prov Jatim for Kabar Rakyat)
Manik-Manik Produk Desa di Jawa Timur Tembus Pasar Asia Eropa, Gubernur Khofifah: Layak Jadi Desa Devisa (Humas Prov Jatim for Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT - Manik-manik asal Kabupaten Jombang diminati pasar Asiam, Afrika, dan Eropa. Memenuhi syarat menjadi desa devisa. Seperti usulan pemerintah provinsi Jawa Timur ke Lembaga Pembeayaan Eksport Indonesia (LPEI).

Pernyataan manik-maink produksi salah satu desa di Kabupaten Jombang itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi sentra pengrajin di Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo.

Selama ini desa tersebut terkenal sebagai desa penghasil manik-manik berbahan dasar limbah beling. Tidak main-main, selain diminati pasar domestik, manik-manik buatan desa tersebut juga telah mampu menembus pasar di negara-negara Benua Asia, Afrika dan Eropa.

"Desa ini punya keunikan dan sangat otentik. Produk yang dihasilkan terbukti diminati pasar Asia dan Eropa sehingga sangat memenuhi syarat menjadi Desa Devisa yang tengah kita usulkan," kata Khofifah di Jombang, Sabtu (12/2).

Baca Juga: Kementerian Perdagangan Indonesia Perketat Pengawasan Aset Kripto, Berikut Penjelasan Bappebti

Sebelumnya, Gubernur Khofifah telah meninjau dua lokasi desa devisa yakni Sentra Batik Tenun Gedog Tuban serta Sentra kain dan sarung Tenun Wedani Gresik.

Sebagai informasi, Desa Devisa sendiri merupakan program pendampingan yang digagas Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) berbasis pengembangan masyarakat atau komunitas (community development).

Program Desa Devisa memberi kesempatan bagi wilayah yang memiliki produk unggulan berorientasi ekspor untuk mengembangkan potensi secara ekonomi, sosial dan lingkungan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Dengan beberapa kriteria yang dijadikan asesmen oleh LPEI, Khofifah menyebut Kampung Manik-Manik di Jombang ini telah memenuhi keseluruhannya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X