• Kamis, 7 Juli 2022

Program Ekonomi Sejahterakan Pelaku UMKM di Kota Probolinggo Diapresiasi Pemprov Jawa Timur

- Jumat, 28 Januari 2022 | 06:36 WIB
Program Ekonomi Sejahterakan Pelaku UMKM di Kota Probolinggo Diapresiasi Pemprov Jawa Timur (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)
Program Ekonomi Sejahterakan Pelaku UMKM di Kota Probolinggo Diapresiasi Pemprov Jawa Timur (Humas Prov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT - Program peningkatan ekonomi pemerintah Kota Probolinggo untuk tingkatkan produk pelaku UMKM dan IKM dengan metode pelatihan, pembinaan, pendampingan serta bantuan modal secara bertahap dan terukur, diapresiasi oleh Pemprov Jawa Timur.

Upaya sejahterakan pelaku UMKM dan IKM Kota Probolinggo, kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, diharapkan ke depan bisa berdaya saing global. Hampir 57,25 persen pertumbuhan ekonomi terhadap PDRB Jawa Timur disumbang UMKM.

“Saya yakin melalui metode pelatihan, pembinaan, pendampingan serta bantuan modal bagi pelaku UMKM secara bertahap dan terukur bisa menciptakan pelaku UMKM kita berdaya saing ke tingkat global,” ujar Emil Dardak dalam dialog interaktif dalam acara refleksi forum silaturahmi komunitas UMKM dan IKM di halaman kantor Pemkot, 26 Januari 2022.

Baca Juga: Polri dan TNI di Banyuwangi Ajak Aktivis Bumi Blambangan Ikut Menjaga Ketentraman dan Keamanan Daerah

Agar usaha kepala daerah mensejahterkan pelaku UMKM yang berdikari, lanjut Emil, Pemprov Jatim akan mendesain program inovasi yang selaras dengan inovasi produk yang digarap para wali kota maupun bupati.

Kelebihan daerah Kota Probolinggo, kata Emil, memiliki jalan tol, pelabuhan, termasuk ada kedekatan dengan wisata Tengger Semeru Bromo.

"Bagaimana Probolinggo menjadi destinasi bukan transit karena sebagian daerah berlomba-lomba menuju daerah destinasi," katanya.

Khusus wisata di Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS), Emil menjelaskan bagaimana upaya mendorong produk UMKM melalui destinasi wisata Bromo Tengger Semeru sehingga produk Probolinggo semakin eksis. Namun butuh sinergitas antara pelaku UMKM, Pemkot/Pemkab bersama-sama.

Baca Juga: KPU Usulkan Masa Kampanye Pemilu 2024 Selama 120 hari, Waktu Kampanye Parpol dan Caleg Lebih Singkat

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jawa Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X