• Minggu, 25 September 2022

Produk Kerajinan UMKM Kabupaten Blitar, Diharapkan Arumi Bachsin Punya Daya Saing Tinggi di Pasar

- Senin, 20 Desember 2021 | 18:45 WIB
Produk Kerajinan UMKM Kabupaten Blitar Diharapkan Arumi Bachsin Punya Daya Saingin Tinggi di Pasar. ( Humas Prov Jatim for KabarRakyat.id)
Produk Kerajinan UMKM Kabupaten Blitar Diharapkan Arumi Bachsin Punya Daya Saingin Tinggi di Pasar. ( Humas Prov Jatim for KabarRakyat.id)

KABAR RAKYAT - Produk kerajinan dan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Kabupaten Blitar, Jawa Timur terus disemangati pemerintah lewat Dekranasda untuk tingkatkan daya saing dan pemasaran yang dihasilakan.

Produk kerajinan dan UMKM jadi fokus garapan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak hadir di Blitar mengajak Pengurus Dekranasda Kab. Blitar lebih semangat lagi mendorong pemulihan ekonomi segera terwujud.

Dekranasda Kab. Blitar perlu banyak jalan untuk belajar potensi dan kerajinan di daerah lain, hingga yang berpotensi ekspor ke luar negeri. Sehingga bisa tahu daya saing produk di daerah lain,” kata Arumi Bachsin hadir acara Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Blitar Periode 2021-2024, di Pendopo Kab. Blitar, Senin 20 Desember 2021.

Baca Juga: Warga Miskin di Kabupaten Situbondo Menerima Listrik Gratis Pemerintah: 713 Rumah Dialiri PLN

Selain itu, pelatihan skill, packaging, hingga pemasaran juga perlu diperhatikan. Sebab, jika produk yang dihasilkan itu sudah baik, maka akan semakin baik jika pemasarannya juga diperhatikan.

“Produk yang sudah bagus, sudah keren, lalu pemasarannya seperti apa ? Pembinaan perlu, tapi kalau produknya tidak ada yang mau beli bagaimana ? Jadi pengembangan potensi tidak hanya bagus, tetapi juga dibuktikan dengan pasarnya,” tegasnya.

Kab. Blitar, sebut Arumi, merupakan daerah agraris yang potensi dan peluang investasinya ditentukan oleh sumber daya alam, sumber daya manusia dan daya dukung lingkungan.

Tak hanya itu, lanjut Arumi, Kab. Blitar juga telah mengembangkan berbagai produk kerajinan. Seperti Kendang Jimbe, yang merupakan alat musik khas dari Benua Afrika ini mempunyai pangsa pasar yang luas sampai ke China.

Baca Juga: RESMI: UEFA Nyatakan Tottenham Hotspur Tersingkir dari Conference League, Ini Penyebabnya!

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jawa Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X