• Selasa, 24 Mei 2022

Pemulihan Ekonomi Indonesia Lebih Cepat, Menkeu: Berkat Sektor Keuangan dan Usaha Bangkit dari Situasi Menekan

- Jumat, 17 Desember 2021 | 08:16 WIB
Ilustrasi ekonomi. Pemulihan Ekonomi Indonesia Positif, Menkeu: Berkat Sektor Keuangan Usaha Bangkit dari Situasi Menekan (PIXABAY/mohamed_hassan)
Ilustrasi ekonomi. Pemulihan Ekonomi Indonesia Positif, Menkeu: Berkat Sektor Keuangan Usaha Bangkit dari Situasi Menekan (PIXABAY/mohamed_hassan)

KABAR RAKYAT - Optimisme pemulihan ekonomi Indonesia dari pandemi Covid19 lebih cepat, bila dibandingkan masa krisis terjadi pada tahun 1997-1998.

Wacana ekonomi saat Indonesia hadapi tekanan pandemi Covid19 dengan krisis itu menghangatkan peserta di acara Working Lunch: Joint Side Event Sherpa Track dan Finance Track Presidensi G20 Indonesia, pada, Rabu 15 Desember 2021

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, menceritakan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Indonesia itu, berkat dari kemampuan sektor keuangan dan dunia usaha yang berhasil bangkit kembali dari situasi menekan, hadapi pandemi Covid-19.

“Kalau dilihat dan dibandingkan dengan situasi pada saat Indonesia menghadapi krisis tahun 97-98, dibutuhkan 4 tahun untuk memulihkan ekonomi kita sampai kepada level GDP pre-crisis. Untuk COVID ini, dalam waktu satu setengah tahun, kita telah mampu kembali kepada pre-COVID GDP level,” ujar Menkeu Sri Mulyani di kanal YouTube @Kemenkeu RI, yang dikutip KabarRakyat.

Baca Juga: Bisnis Yang Bakal Tren di Tahun 2022

Menurut Menkeu, cepatnya pemulihan tersebut berkat resiliensi sektor keuangan dan dunia usaha, serta instrumen dan kebijakan pemerintah yang responsif.

“Ini adalah sesuatu yang patut untuk kita semuanya syukuri dan membanggakan, namun ini berarti belum selesai tugas kita,” katanya.

Jika dilihat dari sisi penciptaan kesempatan kerja, pengangguran telah berhasil menurun dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Tingkat pengangguran dapat ditekan hingga level 6,5 persen, setelah sempat melonjak di atas 7,1 persen.

Arah pemulihan ini harus terus diperkuat dengan upaya reformasi struktural dan mendorong investasi, menciptakan lapangan kerja berkualitas, sekaligus meningkatkan level produktivitas.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Youtube/@Kemenkeu RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X