• Senin, 17 Januari 2022

Kelapa Kopyor Ternyata Bernilai Ekonomi Tinggi Dibanding Kelapa Biasa, Begini Kata Ahli

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:43 WIB
Kelapa kopyor bernilai ekonomi tinggi (Dana Tentis/Pexels)
Kelapa kopyor bernilai ekonomi tinggi (Dana Tentis/Pexels)

KABAR RAKYAT - Kelapa kopyor sekarang menjadi primadona, karene kelapa jenis ini mempunyai nilai ekonomis harga jual yang tinggi dibandingkan dengan kelapa biasa.

Harga perbutir kelapa kopyor sangat tinggi dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai empat sampai lima kalinya.

Selain itu, kelapa kopyor mempunyai daging buah yang empuk, mempunyai aroma yang khas dibandingkan daging kelapa biasa dan sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman.

Anda tertarik menanam kelapa kopyor yang bisa menghasilkan lebih banyak buah kopyornya?

Ikuti beberapa tips yang dikutip kabarrakyat.id dari seminar webinar yang diselenggarakan Gamal Institute bertema "Hebatnya Kultur Jaringan Kelapa Kopyor" dengan narasumber Dr Ir Priyono, DIRS Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI).

Baca Juga: Tradisi Muludan Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW Warga Osing Banyuwangi

Dalam paparannya, Ir. Priyono menyampaikan sebelum memulai menanam kelapa, awalnya jangan salah memilih bibit.

Priyono menyarankan, "memilih jenis bibit kelapa kopyor yang berasal dari kultur jaringan, karena bibit kelapa kopyor dari kultur jaringan, memiliki kelebihan dari sisi produktivitasnya yang lebih tinggi bila dibandingkan bibit kelapa kopyor konvensional," jelas Priyono.

"Potensi tanaman kopyor dari bibit konvensional, berkisar 20 persen keatas. Sedangkan bibit dari kultur jaringan memiliki potensi yang mencapai 100 persen, " jelas Priyono.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X