• Senin, 17 Januari 2022

Pemkab Bondowoso Salurkan Bantuan Sarana Produksi IKM Tape

- Senin, 18 Oktober 2021 | 21:20 WIB
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin didampingi Wabup H Irwan Bachtiar Rahmat saat memberikan bantuan kepada Umar (65) pelaku IKM Tape di Desa Wringin. (Ist/Ifa)
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin didampingi Wabup H Irwan Bachtiar Rahmat saat memberikan bantuan kepada Umar (65) pelaku IKM Tape di Desa Wringin. (Ist/Ifa)

KABAR RAKYAT, Bondowoso  - Pemkab Bondowoso serahkan sarana produksi IKM Tape di Wringin. Guna tingkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi kreatif sekaligus pemulihan ekonomi akibat pandemi, Senin (18/10/2021).

Sedikitnya ada 11 IKM (Industri Kecil Menengah) di Kecamatan Wringin Bondowoso yang menerima bantuan itu, seperti diantaranya gedung produksi dan alat-alat produksi yakni, kompor gas, tabung gas LPG 3Kg dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat didampingi Kepala Diskoperindag Sigit Purnomo, Kepala DPMD Haeriyah Yulianti dan pihak terkait lainnya untuk memberikan langsung bantuan tersebut.

Bupati Salwa Arifin menyampaikan, bahwa bantuan diberikan sebagai stimulan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. “Dikhawatirkan nanti dijual, tapi tidak (dijual-red) tadi sudah akan dibentuk tim pengawasan,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa memang yang dikeluhkan oleh para pelaku IKM mayoritas terkait pemasaran. Karena itulah, pihaknya pun mensinergikan instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga.

Baca Juga: dokter Saddam Ismail: Termasuk Cokelat, ini Dia Jenis Makanan Pemicu Jerawat 

“Jadi intinya pariwisata menyediakan gerai disini, bahkan di semua tempat wisata dengan kearifan lokal setempat kami menyediakan gerai-gerai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian, Sigit Purnomo, melalui Agung Nurhidayat, Kepala Bidang IKM menjelaskan, bantuan yang diberikan untuk 11 IKM Tape.

Masing-masing mendapatkan alat produksi berupa kipas angin, penggilingan ragi, kompor, pelapis dengan bahan stainless steel, timba ukuran besar. Kemudian, ada juga bantuan renovasi rumah produksi IKM tape.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jember Juara Umum APKASI Otonom Expo 2021 di Bogor

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Ibu-Ibu Berkebaya Kenalkan Produksi UKM Jember

Senin, 18 Oktober 2021 | 05:42 WIB

Rumah BUMN Wadah Pemulihan Ekonomi UMKM

Senin, 13 September 2021 | 08:52 WIB
X