• Sabtu, 4 Desember 2021

Ibu-Ibu Berkebaya Kenalkan Produksi UKM Jember

- Senin, 18 Oktober 2021 | 05:42 WIB
Pasar Kebaya Jember (Ist/MS Syarif)
Pasar Kebaya Jember (Ist/MS Syarif)

KABAR RAKYAT, JEMBER - Pasar Ibu Kebaya, jadi tempat alternatif kenalkan hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Jember. Pemerintah Kabupaten mengapresiasi UKM terimbas pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, Widodo Julianto mengatakan launching Pasar Ibu Kebaya, merupakan instruksi pemerintah pusat, bagaimana menggerakkan ekonomi di wilayah pedesaan, imbas pendemi cukup besar.

"Untuk itu dengan pasar ibu, di ikuti oleh kelompok UKM bagian dari binaan atau pemberdayaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Masing-masing tingkat kecamatan untuk memberdayakan atau membangkitkan ekonomi UKM masyarakat yang ada di wilayah," kata Widodo, baru ini, Sabtu.

Pasar ibu menjadi suatu momentum menjadi agenda yang rutin yang diadakan setiap bulan atau dua bulan, sesuaikan kondisi wilayah masing-masing. "Kami ingin membangkitkan kembali gairah kehidupan UMKM Jember," ujar Widodo.

Baca Juga: Tim Piala Thomas Indonesia Juara Setelah Bantai China 3–0

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, pembukaan pasar ibu kebaya kelompok ekonomi bersama dan berdaya di inisiasi oleh tim pergerak PKK Jember, kelompok pokja dan camat di ikutsertakan.

"Sementara UKM dikemas dalam menyemangati bahwa covid sudah mulai mereda namun prokes tetap dipatuhi, saatnya cinta kearifan lokal menunjukan eksetensi Ibu PKK di Jember Ikut membantu peran serta melaksanakan keberhasilan pembangunan di kabupaten Jember," ungkap Bupati Jember.

Sehingga pihaknya membantu memasarkan UKM dengan Dinas koperasi, perdagangan dan kemenfo untuk membuat satu websed yang besar atau rumah Jember isinya langsung dengan katalog kepada pemilik UKM.

Baca Juga: Begini Penjelasan Mitsubishi Xpander yang Beredar Menjelang Rilis Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jember Juara Umum APKASI Otonom Expo 2021 di Bogor

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Ibu-Ibu Berkebaya Kenalkan Produksi UKM Jember

Senin, 18 Oktober 2021 | 05:42 WIB

Rumah BUMN Wadah Pemulihan Ekonomi UMKM

Senin, 13 September 2021 | 08:52 WIB
X