• Kamis, 27 Januari 2022

Sisi Lain PON XX, Khofifah Borong Noken Sambil Wisata Malam di Pasar Mama UMKM Papua

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 05:54 WIB
Gubernur Khofifah belanja Noken khas Papua di Pasar Mama-Mama (Humprov Jatim for KabarRakyat)
Gubernur Khofifah belanja Noken khas Papua di Pasar Mama-Mama (Humprov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT, JAYAPURA - Aksi borong Noken khas Papua sambil Wisata malam di Pasar Mama Papua, dilakukan Gubernur Khofifah Indar Parawansa disela semangati atlet PON XX, 2021 Jawa Timur, di Kota Jayapura, Minggu (3/10).

Belasan noken itu, akan dibagi ke kawan-kawan karena tahu sedang di Papua. Noken khas Papua, adalah tas tradisional masyarakat Papua terbuat dari serat kulit kayu. “Teman-teman saya minta dibawakan oleh-oleh noken di Pasar Mama Papua,” ungkap Khofifah.

Selain Noken, Khofifah belanja buah pisang kepok merah di Pasar Mama Papua, ada juga Sarang Semut dan Balsem Pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat kesehatan kulit. Produk itu hasil kerjasama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kab. Fak-Fak, Papua Barat.

Alasan Khofifah, aksi borongnya bagian dari upaya turut mendorong pemulihan ekonomi masyarakat, serta semangati para mama Papua yang terdampak Pandemi Covid19. Di Pasar Mama Papua, tampak Gubernur Khofifah menikmati suasana pasar malam hari.

Baca Juga: BREAKING NEWS WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Hingga Turunkan Puluhan Ribu Pengguna

Dia tampak asyik cengkrama sambil bagi-bagi kue Spikoe, jajanan khas Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan ke Pasar Mama Papua bukan yang pertama. Ternyata Khofifah dikenal sejak pernah jadi Menteri Sosial.

“Setiap kali berkunjung ke Jayapura, dan wilayah Papua lainnya, selalu menyempatkan diri datang ke pasar mama. Dulu kondisi pasar ini tidak seperti sekarang, jauh beda karena sudah diperbaharui 2 tahun belakangan," imbuhnya.

Khofifah menulis di atas kertas putih yang diminta seorang pedagang di Pasar Mama. Sebuah kalimat yang mengungkapkan rasa bahagia bisa berbelanja di Pasar Mama Papua serta harapan doa agar Mama Papua bisa terus berkarya.

Baca Juga: Bupati Deklarasikan Kopi Robusta Terbaik se Indonesia

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jember Juara Umum APKASI Otonom Expo 2021 di Bogor

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Ibu-Ibu Berkebaya Kenalkan Produksi UKM Jember

Senin, 18 Oktober 2021 | 05:42 WIB
X